Otomotif

Tips Memilih Mobil Bekas

Tidak semua orang menjual mobil mereka karena kondisinya yang sudah tak lagi baik. Banyak juga kok, mobil dengan status second yang kualitasnya mendekati mobil baru. Tentunya untuk bisa menemukan mobil bekas berkualitas, dibutuhkan kejelian. Kali ini Teknodriver.id ingin membagi tips bagi sobat driver yang ingin membeli mobil bekas agar tidak menyesal di kemudian hari ketika sudah memebeli. Selain jeli dalam melihat kondisinya ada beberapa hal yang perlu di ketahui.

1. Track record Servis harus di bengkel resmi
Track record Servis harus lengkap dan service nya harus di bengkel resmi kenapa, karena mobil yang di rawat secara rutin tentu saja akan memiliki performa yang bagus serta kondisi yang prima. Mobil yang rutin servis secara berkala mencerminkan kepribadian pemilik mobil sebelumnya yang menjaga dan merawat kondisi mobil

 

2. Teliti sebelum membeli dan Jangan Terburu-buru
Membeli mobil adalah jumlah pengeluaran yang relatif mahal bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, sebagai calon pembeli, Anda harus benar-benar cermat sebelum melakukan transaksi. Bandingkan semua pilihan yang ada, dan jangan terburu-buru. Gunakan tips memilih mobil bekas berkualitas di atas, teliti dalam memeriksa kondisi mobil dan kelengkapan.

3. Bawa kerabat yang mengerti mesin/Checkup di bengkel resmi
Ada baiknya Anda membawa teman atau mekanik yang mengerti dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas. Meskipun Anda paham tentang mobil, bantuan dalam pengecekan akan bisa mengurangi kemungkinan adanya kerusakan yang terlewat. Jika anda tidak memiliki kenalan yang ahli dalam bidang mesin, ada baiknya melakukan checkup ke bengkel resmi untuk mengecek agar kita mengetahui permasalahan yang ada di kendaraan yang hendak kita beli.

4. Mengecek kelengkapan dokumen kendaraan
Setelah memeriksa kondisi mobil dan Anda merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran, periksa kelengkapan surat kendaraan, seperti STNK, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut. Cocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat. Anda wajib memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya.

5. Cek body Mesin
Setelah itu, periksa kondisi body dan eksterior mobil secara menyeluruh. Pastikan komponen seperti pintu, kap mesin dan juga kaca mobil, masih orisinil atau tidak. Selain itu perhatikan juga kondisi cat mobil, terkadang cat mobil menjadi belang dikarenakan perbaikan yang tidak rapi. Yang paling penting saat memeriksa body adalah struktur rangka utama mobil tersebut. Pastikan rangka atau chassis mobil masih dalam keadaan prima, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

6. Cek Aksesoris dan Interior
Saat melakukan pemeriksaan kondisi mobil, pertama periksa bagian interior mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsi nya seperti AC, sistem audio, dan switch lampu. Anda harus pastikan semua fitur bekerja dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman. Setelah itu, teliti kondisi interior mobil. coba duduki jok depan dan belakang apakah masih terasa nyaman, periksa juga dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan juga bau interior apakah interiot berbau apek? jika iya, bisa jadi salah satu indikasi mobil itu pernah kena banjir.

7. hati-hati jika Mobil Kendaraan Murah
Harga menentukan kualitas, dan ini sangat berlaku saat Anda membeli mobil bekas. Bukan berarti Anda tidak dapat menemukan mobil kualitas bagus dengan harga murah, tetapi tetapi Anda harus lebih berhati-hati dan jeli memeriksa kondisi mobil apabila harga jauh di bawah pasaran. Hal ini dikarenakan banyak mobil bekas kecelakaan dan banjir yang dijual kembali dengan harga murah. Selain itu, penjual juga kadang memasang harga murah hanya untuk memancing supaya pembeli datang ke showroom nya untuk ditawarkan mobil yang lain.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close